Social media tidak ada matinya dan terus berkembang. Pengguna social
media semakin bertambah dari tahun ke tahun dengan skala perbandingan
yang signifikan. Ini menunjukkan masyarakat online semakin bertumpu pada
keberadaan social media untuk melakukan interaksi, berbagi, mencari
informasi, berteman, mengaktualisasikan diri, dan yang tidak kalah
penting: melakukan promosi bisnis secara online.
Situs social media semakin menjamur dengan berbagai macam tawaran,
fitur, dan bentuk interaksi. Lihat saja Instagram, situs social photo
sharing, yang belakangan diakuisisi Facebook dengan harga fantastis, 1
juta dollar. Situs ini menawarkan layanan berbagi foto yang mendapat
tanggapan baik dari masyarakat internet dunia. Digitalbuzzblog
menyebutkan bahwa dalam dua tahun, Instagram telah memiliki 50 juta
pengguna aktif. Bersama Facebook, sebagai sebuah aplikasi, Instagram
mengumpulkan 300 juta foto per hari atau kira-kira 58 foto per detik,
dan mendapatkan 1 user baru dalam setiap detiknya. Atau lihat saja
Pinterest, sama-sama diluncurkan 2 tahun lalu, yang disebut-sebut
sebagai social media dengan perkembangan tercepat.
Tentunya, dengan banyaknya situs social media yang sukses dalam
berkembang, memilih dan membuat list social media terbaik tidak bisa
lepas dari perdebatan dan ketidaktepatan karena ada banyak perspektif
penilaian yang berbeda-beda. Untuk list yang disajikan oleh tautweb.com
ini, statistik dan urutan social media didasarkan pada statistik yang
dirilis oleh Experian Hitwise, yang mengukur market share social media
di Internet berdasarkan data yang bersumber dari jaringan IP, Alexa,
situs-situs web metrics, dan statistik yang dikumpulkan oleh Google Ad
Planner.
10. LiveJournal
Seorang programmer berkebangsaan Amerika yang ingin tetap berhubungan
dengan teman-temannya dan terus mendapatkan update informasi terbaru
kemudian menciptakan dan mendirikan LiveJournal pada tahun 1999. 10
tahun kemudian perusahaan ini pindah ke Rusia setelah sebelumnya, pada
2007, dibeli oleh sebuah perusahaan Rusia, SUP Media. Semenjak itu,
LiveJournal berkembang pesat hingga meraih 17 juta pengguna yang
memiliki online diary/blog. LiveJournal terkenal sebagai wadah bagi
mereka yang ingin menyampaikan pendapat-pendapat politis.
9. Google+
Seperti Pinterest, Google Plus pada awalnya hanya dapat digunakan oleh
user yang mendapat undangan (fitur Invite). Namun karena banyaknya
permintaan dari user kepada Google untuk lebih “membebaskan” Google+,
pada September 2011 Google+ kemudian terbuka bagi siapa saja yang
berusia 18 tahun ke atas. Sejak Januari 2012, di AS dan beberapa negara
lain, remaja usia 13 tahun ke atas diperbolehkan untuk memiliki akun
Google+.
Meskipun agak sulit melacak statistik Google+, terutama dalam hal jumlah
pengguna, setidaknya ada gambaran dari Hitwise yang memberikan Google+
peringkat market share traffic sebesar 53%. Pada akhir tahun ini,
diperkirakan jumlah pengguna G+ akan mencapai sekitar 400 juta.
Google+ menggunakan sistem “Circle” untuk mengelompokkan pengguna lain
ke dalam circle pertemanan, keluarga, relasi bisnis, atau circle apapun
yang ingin dibuat oleh user. Gambar (termasuk gif), video, dan text
dapat dibagi dengan bebas. Anda dapat menautkan akun Google lain,
misalnya Blogger, dengan Google+ dan sebaliknya.
8. MySpace
Pada awalnya MySpace (didirikan pada 2003) merupakan raja dalam “rantai
makanan” social media dan networking. Pada perjalanannya popularitas
MySpace menurun karena persaingan ketat dan rumitnya layout halaman.
Pada 2008, posisinya semakin lemah berbarengan dengan menanjaknya
popularitas Facebook dan Twitter. MySpace dikenal sebagai wadah
sosialisasi dan berbagi di kalangan artis, terutama musisi/band.
7. Pinterest
Pinterest merupakan situs social media yang terbilang masih muda (2010;
didirikan oleh Ben Silbermann), namun kemudian dengan cepat melibas dan
mensejajarkan diri dengan beberapa situs social media besar. Pinterest
adalah media berbagi kesukaan (interest) yang difokuskan pada photo
sharing, dimana user dapat berbagi foto dan user lain dapat melakukan
like dan repost/re-pin (seperti retweet). Layoutnya pun hampir mirip
dengan Pinboard. Gambar/foto dibagi dalam beberapa kategori, misalnya:
Architecture, Sports, Movies, dll. Yang menarik dan disukai oleh para
webmaster adalah Pinterest sangat menghargai sumber asli, sehingga user
kemudian dapat menautkan sumber aslinya (linkback).
Mayoritas pengguna Pinterest adalah wanita. Pengguna baru hanya dapat
membuat akun setelah mendapat invitation dari pengguna lain atau dengan
mengajukan permohonan invitation dari Pinterest. Invitation dari
Pinterest pun belum tentu didapat oleh semua pemohon. Pinterest termasuk
50 website terbaik versi majalah Time 2011. Statistik terbaru dari
bulan April menyebutkan bahwa Pinterest mendapat 31 juta kunjungan unik
tiap bulannya. Bisnis dan brand yang menggunakan Pinterest misalnya
adalah Sony Music, Wall Street Journal, Whole Foods, dan masih banyak
lagi.
6. Tumblr
Tidak banyak yang bisa diketengahkan mengenai Tumblr karena konsepnya
hampir sama dengan platform microblogging lain. Tumblr tampak seperti
gabungan antara Twitter dan Pinterest dalam hal photo sharing. Selain
itu, Tumblr juga merupakan sarana berbagi berbasis text
(blog/microblog). Tumblr sangat mudah digunakan dan bagi yang
menggunakan Spotify (layanan akses ke jutaan lagu) dapat berbagi musik
melalui Tumblr. Tumblr mendapat 45 juta pengunjung unik per bulan.
5. LinkedIn
LinkedIn mendapat sekitar 96 juta pengunjung unik per bulan. LinkedIn
utamanya digunakan untuk social networking para professional. Para
pengguna saling berhubungan berdasarkan beberapa level hubungan. Reid
Hoffman dan para pendiri Paypal mendirikannya pada tahun 2003.
Peluang-peluang pekerjaan, pribadi, dan bisnis dapat ditemukan melalui
hubungan langsung dan derajat pertemanan kedua serta ketiga, yaitu
mereka yang masuk ke dalam contacts seorang user. Pengguna personal atau
bisnis dapat membuat profil dan join ke dalam grup untuk berdiskusi
mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang atau profesi pengguna,
misalnya pembicaraan tema bisnis tertentu, karir, atau peluang kerja.
4. Yahoo! Answers
Memang agak mengejutkan ketika melihat Yahoo! Answers ada di posisi ke
empat karena social media ini tidak menawarkan banyak hal. Namun
demikian, jumlah pengguna sebesar 130 juta menunjukkan bahwa Yahoo!
Answers memiliki popularitas dan traffic signifikan. Yahoo! Answers
berfokus pada tanya jawab oleh user dalam topik-topik tertentu, dari
yang teringan seperti “apa makanan terenak” hingga yang terberat seperti
“siapa penemu bumi”. Ada beberapa halaman profil seperti contact,
friends, dan interests. User dapat berlangganan (subscribe) update
terbaru dari sebuah pertanyaan atau jawaban. User yang aktif dan
memiliki jawaban terbaik mendapat poin dan peningkatan level. Pertanyaan
dan jawaban di Yahoo! Answer sepertinya kurang di-filter sehingga
pertanyaan atau jawaban apapun bisa masuk, namun kualitasnya tetap
terjaga. Ada situs lain garapan Google di beberapa negara yang memiliki
fitur hampir sama, misalnya di Indonesia ada Google Tanya Jawab. Namun
hingga saat ini Yahoo! Answers masih bertahan dan lebih menjadi favorit.
3. Twitter
Twitter membatasi panjang teks status (tweet) sebanyak 140 karakter.
Jack Dorsey mendirikan situs yang sangat terkenal ini pada tahun 2006.
Twitter memiliki hampir 200 juta pengguna dengan rata-rata tweet unik
sebanyak 300 juta per hari. Salah satu fitur Twitter adalah “Follow”
dimana seorang user dapat mengikuti update (follow) user lain. Hampir
semua selebriti, politisi, artis, atlit olahraga, dan bisnis terhubung
dengan para fan melalui Twitter. Twitter begitu simpel dan ringan
sehingga membuat para user mudah menggunakan dan melakukan update
singkat hanya dalam beberapa detik.
Bisnis dan brand menggunakan Twitter dalam banyak cara: sebagai chanel
untuk berhubungan dengan masyarakat, menyampaikan info press release,
penawaran jasa/produk, berkomunikasi dengan follower secara rutin,
melakukan survey, customer support, dan update-update lainnya.
2. Youtube
Youtube, yang kini telah menjadi milik Google, difokuskan pada video
sharing. Siapapun yang memiliki akun Youtube (dalam hal ini adalah akun
Google) dapat mengunggah dan menonton video yang diposting dari berbagai
belahan dunia (beberapa negara, misalnya Cina; Iran; Libya, melarang
akses ke situs ini).
Youtube digunakan secara gratis dan bahkan website lain dapat memasang
(embed) video yang bersumber dari Youtube. Apapun termasuk acara TV,
iklan, video musik, trailer film, tips, videoblog, review, dan lain-lain
dapat diunggah ke situs ini. User yang sudah terverifikasi oleh Youtube
dan memiliki reputasi bagus dapat mengunggah video dengan durasi di
atas 15 menit. Lebih dari 800 juta pengunjung unik mampir ke situs ini
tiap bulannya.
1. Facebook
Facebook masih menduduki peringkat pertama dan menyandang gelar “Raja
Social Media” dengan jumlah pengguna lebih dari 950 juta atau hampir 1
milyar. Statistik ini membuat Facebook menjadi situs social media
terbesar dan memiliki jangkauan terluas. Fitur-fitur yang memungkinkan
pengguna melakukan kostumisasi akun dan profil; mengunggah dan berbagi
foto dan video; tagging; mengirim pesan; membuat halaman group dan
Facebook Page; dan menggunakan ribuan aplikasi membuat situs ini menjadi
pilihan utama masyarakat social networking di seluruh dunia.
Facebook juga populer di kalangan bisnis untuk membangun brand bisnis
dan meraih potential customer, meskipun fitur Timeline yang baru
diluncurkan beberapa bulan lalu dapat memberikan beberapa keterbatasan
dalam melakukan marketing campaign. Namun demikian, dengan menggunakan
Facebook Page, bisnis dapat menggunakannya secara maksimal, misalnya
sebagai landing page. Membuat aplikasi juga memudahkan pemilik web
menautkan beberapa fitur web dan Facebook secara simultan. Seperti
Twitter, Facebook juga banyak diakses melalui fitur mobile networking,
yang memudahkan pengguna situs social media ini mengaksesnya dimana
saja.
———
Listing 10 social media terbaik di atas tentunya bukan berarti
kemutlakan dan masih bersifat subyektif. Ada banyak social media lain
yang semakin menanjak dengan inovasi layanan dan fitur semakin beragam.
Jika ada social media lain yang menurut anda cukup berbobot dan dapat
diperhitungkan anda bisa merekomendasikan untuk user lain melalui
komentar. Have a nice social networking!
source : Taut Web
Tidak ada komentar:
Posting Komentar