Selasa, 26 Februari 2013

5 Alasan Untuk Meninggalkan WIndows XP






Sebagai manusia modern yang hidup di era digital, sebagian besar dari kita pasti mengenal sistem operasi windows xp keluaran raksasa software microsoft. Sistem operasi windows xp pertama kali diluncurkan pada 31 Desember 2001. Banyak dari kita sudah terbiasa dan nyaman bekerja dengannya.

Bahkan sebagian besar orang berpendapat bahwa Win XP jauh lebih mudah dan nyaman daripada windows vista. Namun seperti kata pepatah tak ada yang abadi, Win XP pun juga harus pensiun. Bagi anda (khususnya organisasi/perusahaan) yang masih ragu untuk meninggalkan windows xp dan pindah ke windows 7, berikut ini beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan:

  1. Kemampuan-kemampuan yang lebih canggih pada hardware yang baru tidak mampu didukung oleh windows xp. Seiring dengan perkembangan teknologi, komputer saat ini memiliki fitur seperti WiFi dan bluetooth yang terintegrasi, port USB yang lebih cepat, monitor dengan resolusi tinggi, touchscreen, dll. Sebagian besar dari fitur tersebut tidak maksimal bahkan tidak didukung pada windows xp. Jika bicara tentang memori khususnya, kebanyakan komputer sekarang memiliki RAM setidaknya 4 GB yang tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh win xp yang merupakan sistem operasi 32 bit.
  2. Microsoft secara resmi akan mengakhiri dukungannya untuk windows xp pada 8 April 2014. Saat ini windows xp adalah produk microsoft dua generasi yang lalu dan akan segera menjadi tiga generasi yang lalu jika windows 8 dirilis. Itu artinya akhir dari security update dan dukungan layanan lain yang berkaitan dengan windows xp.
  3. Biaya operasional yang lebih tinggi. Menurut data oleh lembaga riset IDC di Amerika, support cost yang dikeluarkan oleh organisasi jika tetap menggunakan windows xp akan lebih tinggi dibandingkan jika menggunakan produk yang lebih modern. Dengan kata lain, teknologi lama membutuhkan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi.
  4. Jika anda bekerja di departemen TI di organisasi anda, mempertahankan Win XP kurang baik untuk pencitraan departemen anda. Karena dengan banyaknya produk TI saat ini  yang membanjiri pasar dan dengan mudah dapat dikonsumsi oleh hampir semua orang, membuat mereka (yg diluar departemen TI)  terbiasa dengan interface yang lebih modern dan fitur yang membuat mereka menjadi lebih produktif dan lebih mudah dalam bekerja.
  5. Satu hal lagi yang patut dipertimbangkan adalah kesesuaian dengan standar. Beberapa standar seperti misalnya ISO, ITIL dan COBIT mengharuskan perangkat lunak untuk selalu update dan diperbaiki (patch dan bugfix). Jika tetap menggunakan windows xp yang sudah tidak didukung lagi update-nya, maka dapat dipastikan kesesuaian dengan standar tersebut tidak dapat dipertahankan.
source : KARYA ANAK NEGRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar